Kamis, 28 Januari 2021

TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN KORPORASI TRANSNASIONAL

 1.   Strategi 

Strategi telah didefinisikan sebagai respon yang dipertimbangkan dari sebuah organisasi pada

kenyataan dari organisasi yang berkepentingan dan kenyataan dari lingkungan bisnis. 

a. Dimensi yang ke-1 adalah Lingkungan Eksternal Perusahaan. Proses perencanaan strategi

memerlukan penilaian fakta asumsi yang menyangkut lingkungan eksternal perusahaan.

b. Dimensi strategi ke-2 adalah Organisasi. Proses strategis memerlukan identifikasi asumsi kunci

mengenai organisasi, terutama kekuatan dan kelemahannya. 

c. Dimensi startegi ke-3 adalah Nilai Pihak yang Berkepentingan. Pihak yang berkepentingan

adalah orang atau kelompok yang mempunyai minat dalam hasil dari kegiatan organisasi, yaitu

termasuk pemegang saham, manajer, karyawan pelanggan, anggota masyarakat, Negara dimana

perusahaan beroperasi, dan lainnya.


2. Perusahaan di Dunia

Beberapa aspek pemasaran global memiliki perbedaan dari pemasaran domestik. Pertama adalah

konteks atau lingkungan pemasaran global, yang sebenarnya mempunyai lingkungan pasar yang

berbeda, agar persamaan dalam yang ada dalam kelompok dan perbedaan antar kelompok menjadi

jelas.


3. Pengelompokkan, Segmentasi dan Target Pemasaran 

Karakteristik pasar nasional di seluruh dunia berbeda cukup besar dalam banyak dimensi kunci. Karakteristik pasar lain yang penting adalah ukuran luasnya. Geografi adalah kriteria pengelompokan dengan makna yang besar.


4. Kepekaan Lingkungan 

Suatu cara yang paling berguna untuk melihat produk secara internasional adalah menempatkannya

dalam rangkaian kepekaan lingkungan. Di salah satu ujung dari rangkaian terletak produk yang tidak

peka terhadap lingkungan, yang tidak memerlukan penyesuaian besar terhadap lingkungan ekonomi

dan sosial dari pasar di seluruh dunia. Di ujung yang lain dari rangkaian tersebut terletak produk yang

amat sensitif pada perbedaan dalam faktor ekonomi, sosialbudaya, fisik, dan pemerintah di pasar

dunia.


5. Pengaruh yang mempersatukan dan membedakan 

Konsep ini didasarkan pada fakta bahwa dalam setiap situasi ada aspek yang unik maupun yang

serupa. Aspek unik mempunyai pengaruh yang membedakan; aspek serupa memberikan pengaruh

yang menyatukan. Apabila analisis sebuah pasar hanya memfokuskan pada aspek yang unik atau

yang serupa, hasilnya adalah analisis sepihak, akhirnya program pemasaran yang dikembangkan akan

terlalu standar atau terlalu berbeda.


6. Daur Hidup Produk / Pasar 

Konsep DHP terbentuk dengan baik dalam pemasaran. Pengertian umum DHP adalah bahwa suatu

produk mempunyai karakteristik atau kehidupan normal dengan urutan awal atau kelahiran dan

pertumbuhan cepat (tahap pertumbuhan). Daur hidup pasar adalah konsep yang berkaitan. Pasar ada

tahap awalnya, tahap pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan. Perusahaan perlu mengetahui tahap

perkembangan pasar dan menyesuaikan strategi pemasaran untuk produknya dengan tahap tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar