pemasaran global adalah pemasaran yang menerima adanya kesamaan pasar dunia (bersifat geosentris) yang kompleks melalui integrasi aktivitas-aktivitas pemasaran domestik, luar negeri maupun internasional yang dapat menimbulkan sinergi dengan tetap mempertahankan tujuan strategis organisasi dan keunggulan bersaing sebagai kekuatan atas usaha usaha pemasaran global.
STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL
Ada beberapa cara yang dilakukan
untuk memasuki pasar global, antara lain :
1. Melakukan ekspor langsung
Perusahaan melakukan ekspor
langsung dengan cara menjual produknya langsung ke luar negeri atau melalui
distributor yang mewakili kegiatan penjualan.
2. Mengeluarkan Lisensi
Lisensi merupakan cara yang mudah
untuk memasuki pasar internasional. Sebagai contoh adalah produsen coca cola
melakukan pemasaran internasionalnya dengan lisensi pembotolan atau memberi hak
pembotolan ke seluruh dunia. Coca cola hanya memasok sirop atau bahan baku dan
memberikan pelatihan untuk memproduksi, mendistribusikan, dan menjual. Kerugian
dari lisensi ini adalah perusahaan memiliki sedikit kendali atas pemegang
lisensi dan dapat menciptakan pesaing baru bila pemegang lisensi tidak lagi
bergantung pada pemberi lisensi.
3. Melakukan franchising
Bentuk kerjasama tertulis antara
pihak franchisor & faranchisee, dimana pihak franchisee diberi hak utk
mendistribusikan produk / jasa tertentu dalam periode & wilayah tertentu
serta dg cara yg ditentukan franchisor.
Contoh : Mc Donald’s. A&W, Es
Teller 77 & Kentucky Fried Chicken.
4. Joint Venture (Usaha Patungan)
Perjanjian kemitraan antara
investor asing & lokal setempat untuk mendirikan usaha lokal, yg keduanya
berbagi kepemilikan & pengendalian. Keuntungan dari cara ini adalah adanya
pembagian dalam menanggung resiko & kemampuannya mengkombinasikan dua
kekuatan untuk menciptakan sinergi Contoh : May bank dari Malaysia yg
berpatungan dg Nusa Bank di Indonesia membentuk May Bank Nusa.
5. Melakukan pembelian/penguasaan perusahaan
yang sudah ada (Acquisition).
Misalnya Sony membeli perusahaan
film Amerika yaitu Columbia Pictures.
6. Bekerja sama & bergabung dg perushn
dalam negeri / diluar negeri (Global Alliances).
Contoh : IBM membentuk kerja sama
dg perush Jepang, seperti Ricoh utk mengelola distribusi penjualan komputer
nya, dg Nippon Steel dalam sistem integrasi, NTT dalam jaringan nilai tambah
& untuk masalah keuangan dipakai Fuji Bank.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar