Jumat, 29 Januari 2021

strategi memasuki pasar global dan penerapannya pada perusahaan skala internasional yang ada di internet

pemasaran global adalah pemasaran yang menerima adanya kesamaan pasar dunia (bersifat geosentris) yang kompleks melalui integrasi aktivitas-aktivitas pemasaran domestik, luar negeri maupun internasional yang dapat menimbulkan sinergi dengan tetap mempertahankan tujuan strategis organisasi dan keunggulan bersaing sebagai kekuatan atas usaha usaha pemasaran global.

STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk memasuki pasar global, antara lain :

1.      Melakukan ekspor langsung

Perusahaan melakukan ekspor langsung dengan cara menjual produknya langsung ke luar negeri atau melalui distributor yang mewakili kegiatan penjualan.

2.      Mengeluarkan Lisensi

Lisensi merupakan cara yang mudah untuk memasuki pasar internasional. Sebagai contoh adalah produsen coca cola melakukan pemasaran internasionalnya dengan lisensi pembotolan atau memberi hak pembotolan ke seluruh dunia. Coca cola hanya memasok sirop atau bahan baku dan memberikan pelatihan untuk memproduksi, mendistribusikan, dan menjual. Kerugian dari lisensi ini adalah perusahaan memiliki sedikit kendali atas pemegang lisensi dan dapat menciptakan pesaing baru bila pemegang lisensi tidak lagi bergantung pada pemberi lisensi.

3.      Melakukan franchising

Bentuk kerjasama tertulis antara pihak franchisor & faranchisee, dimana pihak franchisee diberi hak utk mendistribusikan produk / jasa tertentu dalam periode & wilayah tertentu serta dg cara yg ditentukan franchisor.  Contoh :  Mc Donald’s. A&W, Es Teller 77 & Kentucky Fried Chicken.

4.      Joint Venture (Usaha Patungan)

Perjanjian kemitraan antara investor asing & lokal setempat untuk mendirikan usaha lokal, yg keduanya berbagi kepemilikan & pengendalian. Keuntungan dari cara ini adalah adanya pembagian dalam menanggung resiko & kemampuannya mengkombinasikan dua kekuatan untuk menciptakan sinergi Contoh : May bank dari Malaysia yg berpatungan dg Nusa Bank di Indonesia membentuk May Bank Nusa.

5.      Melakukan pembelian/penguasaan perusahaan yang sudah ada (Acquisi­tion).

Misalnya Sony membeli perusahaan film Amerika yaitu Columbia Pictures.

6.      Bekerja sama & bergabung dg perushn dalam negeri / diluar negeri (Global Alliances).

Contoh : IBM membentuk kerja sama dg perush Jepang, seperti Ricoh utk mengelola distribusi penjualan komputer nya, dg Nippon Steel dalam sistem integrasi, NTT dalam jaringan nilai tambah & untuk masalah keuangan dipakai Fuji Bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar