Jumat, 29 Januari 2021

menganalisis kasus pemasaran domestik/regional dan kasus pemasaran global

PEMASARAN GARUDA INDONESIA Pada Pasar Domestik :

(Studi Kasus : Rute Jakarta-Denpasar)

Rute penerbangan Jakarta - Denpasar mcrupakan rute penerbangan yang memberikan kontribusi revenue dan mempunyai pangsa pasar yang bcsar pada pasar domestik. Namun, mulai tahun 1991 - 1994, pangsa pasar Garuda pada ruteini semakin menurun, dimana pertumbuhan pasarnya lebih rendah dari pada pertumbuhan pasar keseluruhan. Padahal, pesaing potensial Garuda, yaitu, perusahaan "SG" dapat meraih pangsa pasar yang semakin meningkat dari tahun1991 sampai dcngan tahun 1994. Hal ini disebabkan karena strategi yangditerapkan oleh "SG" relatif lebih inovatif dan agresif bila dibandingkan dengan strategi Garuda. Apabila Garuda tidak menyusun strategi pemasaran yang tepat, maka diperkirakan untuk niasa datang pangsa pasar Garuda pada rute ini akansemakin menurun. Karya akhir ini mengambil topik tentang peramusan strategi pemasaran PT.Garuda Indonesia untuk rute Jakarta - Denpasar. Langkah-Iangkah dalammenentukan usulan strategi tersebut adalah berupa analisa karakteristik rute Jakarta - Denpasar, analisa lingkungan eksternal dan internal, analisa posisi strategik rute Jakarta - Denpasar, penentuan strategi utama, penentuan target pasar, dan perumusan strategi bauran pemasaran. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka sasaran strategi yang disarankan

untuk rute ini adalah mempertahankan pangsa pasar dan posisi sebagai pemimpin pasar.Untuk mencapai sasaran tersebut, maka terdapat beberapa alternatif strategi yangdapat dilakukan, yaitu sebagai berikut:

• meningkatkan kualitas produk

• meningkatkan diferensiasi produk

• meningkatkan usaha promosi

• menentukan harga yang bersaing

 Strategi pemasaran yang dilakukan adalah Strategi pemasaran total, yaitu Garuda melayani semua segmen pasar yang ada, baik penumpang dengan tujuan bisnis, penumpang dengan tujuan wisatawan, maupun penumpang dengan tujuan pribadi.Strategi tersebut kemudian dijabarkan ke dalam strategi bauran pemasaran, yang meliputi strategi produk, strategi harga, strategi distribusi dan strategi promosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar